Cara Instal Wordpres di VPS Openlitespeed

32 views

Cara Instal Wordpres di VPS Openlitespeed – setelah kita berhasil membuat webserver openlitespeed dan berhasil menambah domain atau sub-domain. Selanjutnya adalah membuat website kita sendiri. Kali ini, kita akan menggunakan wordpress sebagai rumah dari konten website kita. Ada banyak pilihan buat anda selain menggunakan wordpress, bisa menggunakan joomla, drupal, magento, dan lain sebagainya.

Cara Instal Wordpres di VPS Openlitespeed

WordPress (WP, WordPress.org) adalah sistem manajemen konten (CMS) gratis dan open-source yang ditulis dalam PHP dan dipasangkan dengan database MySQL atau MariaDB. Fitur termasuk arsitektur plugin dan sistem template, yang disebut dalam WordPress sebagai Tema. WordPress pada awalnya dibuat sebagai sistem penerbitan blog tetapi telah berkembang untuk mendukung jenis konten web lainnya termasuk milis dan forum, galeri media, situs keanggotaan, sistem manajemen pembelajaran (LMS), dan toko online.

WordPress digunakan oleh lebih dari 60 juta situs web, termasuk 33,6% dari 10 juta situs web teratas. WordPress adalah salah satu solusi sistem manajemen konten paling populer yang digunakan. WordPress juga telah digunakan untuk domain aplikasi lain seperti sistem tampilan yang responsif.

Persiapan Awal

  1. Domain/Sub-domain yang sudah aktif di openlitespeed
  2. phpMyadmin sebagai pengelolaan database.

Langkah-1: Instalasi phpMyAdmin

phpMyAdmin adalah alat administrasi open source dan gratis untuk MySQL dan MariaDB. Sebagai aplikasi web portabel yang terutama ditulis dalam PHP, dan telah menjadi salah satu alat administrasi MySQL paling populer, terutama untuk layanan hosting web.

phpmyadmin

Anda harus download phpmyadmin terlebih dahulu melalui halaman download resmi di https://www.phpmyadmin.net/downloads/, dan meletakkannya pada folder/directory yang diinginkan.

[email protected]:~# cd /usr/local/lsws/domainanda
[email protected]:/usr/local/lsws/domainanda# wget https://files.phpmyadmin.net/phpMyAdmin/5.1.0/phpMyAdmin-5.1.0-english.zip
--2021-05-30 04:02:11--  https://files.phpmyadmin.net/phpMyAdmin/5.1.0/phpMyAdmin-5.1.0-english.zip
Resolving files.phpmyadmin.net (files.phpmyadmin.net)... 195.181.175.46, 195.181.175.51, 195.181.175.48, ...
Connecting to files.phpmyadmin.net (files.phpmyadmin.net)|195.181.175.46|:443... connected.
HTTP request sent, awaiting response... 200 OK
Length: 10494782 (10M) [application/zip]
Saving to: ‘phpMyAdmin-5.1.0-english.zip’

phpMyAdmin-5.1.0-english.zip     100%[=======================================================>]  10.01M  43.7MB/s    in 0.2s

2021-05-30 04:02:11 (43.7 MB/s) - ‘phpMyAdmin-5.1.0-english.zip’ saved [10494782/10494782]

Lalu kita unzip file tersebut

[email protected]:/usr/local/lsws/domainanda# unzip phpMyAdmin-5.1.0-english.zip

Kita pindahkan dan rename directory hasil zip tadi ke dalam directory html agar mudah diakses.

[email protected]:/usr/local/lsws/domainanda# ls
html  logs  phpMyAdmin-5.1.0-english  phpMyAdmin-5.1.0-english.zip
[email protected]:/usr/local/lsws/domainanda# sudo mv /usr/local/lsws/domainanda/phpMyAdmin-5.1.0-english /usr/local/lsws/domainanda/html/phpMyAdmin

Selesai! Instalasi phpMyAdmin pada dasarnya hanya copy paste phpMyAdmin, jadi tidak perlu perintah-perintah yang lebih banyak. Download > Ekstrak > Copy Paste.

Langkah-2: Membuat database wordpress

Selanjutnya kita buka phpMyAdmin pada alamat yang sudah kita tentukan pada saat memindahkan directory tersebut, dalam contoh ini adalah domainanda/html/phpMyAdmin. Jadi anda bisa mengakses phpMyAdmin pada alamat http://domainanda/phpMyAdmin, karena domainanda/html/ sudah didefinisikan sebagai Document Root di alamat $VH_ROOT/html.

phpmyadmin login

Login menggunakan username root dan password saat menginstal MariaDB pada tulisan sebelumnya. Jika anda lupa password root yang sudah dibuat sebelumnya, anda bisa menggunakan perintah berikut:

sudo /usr/local/lsws/admin/misc/admpass.sh

membuat database

Setelah semua diisi dan dipilih lalu klik Go untuk membuat dan menyimpan database yang baru dibuat. Catat di notepad data-data berikut untuk dipindahkan ke wp-config.php saat instalasi wordpress.

  • User name: (username anda)
  • Host name: localhost
  • Password: (password anda)

Langkah-3: Instalasi wordpress

Selanjutnya adalah instalasi wordpress pada vps server kita. Langkah-langkah hampir sama dengan instalasi phpMyAdmin. Pada dasarnya hanya copy paste saja, Download > Ekstrak > Copy Paste.

  1. Download file wordpress dari https://wordpress.org/latest.zip versi terakhir pada saat artikel ditulis adalah 5.7.2
  2. Ekstrak hasil download tersebut.
  3. Pindahkan file-file hasil download ke dalam document root dalam hal ini adalah /domainanda/html. Untuk memindahkan lebih enak menggunakan winSCP karena tinggal click and drag.
  4. Edit file wp-config.php dengan database yang dibuat sebelumnya.
  5. Buka http://domainanda/ dan Selesai.

Instal WordPress di VPS

// ** MySQL settings - You can get this info from your web host ** //
/** The name of the database for WordPress */
define( 'DB_NAME', 'nama database anda' );

/** MySQL database username */
define( 'DB_USER', 'nama username database anda' );

/** MySQL database password */
define( 'DB_PASSWORD', 'password database anda' );

/** MySQL hostname */
define( 'DB_HOST', 'localhost' );

Setelah semua diisi dengan benar, silahkan buka http://domainanda/. Jika yang tampil adalah seperti layar berikut, maka instalasi wordpress anda berhasil.

Cara Instal Wordpres di VPS Openlitespeed

Selanjutnya adalah anda hanya tinggal mengikuti panduan di layar tersebut. Isikan data yang diperlukan dan anda bisa mengubahnya dikemudian hari.

Kesimpulan

WordPress digunakan oleh lebih dari 60 juta situs web, termasuk 33,6% dari 10 juta situs web teratas. WordPress adalah salah satu solusi sistem manajemen konten paling populer yang digunakan. Instalasi wordpress pun sangat mudah untuk diikuti. Langkah demi langkahnya pun sangat mudah dipahami. Silahkan anda komen di bawah jika masih ada kesulitan dalam instalasi wordpress ini.

Artikel Sebelumnya

  1. Cara tambah domain di OpenLiteSpeed
  2. Cara Install Openlitespeed di Ubuntu 18.4
  3. The response is not a valid JSON response
  4. Cara menyembunyikan harga pada woocommerce
  5. Cara Mengatasi Malware Cplugin.php

 

 

Daftar Layanan Hosting Terlaris
Target AudienProviderHarga Mulai Dari
USAContabo£ 2.99/bulan
EropaContabo£ 2.99/bulan
IndonesiaNiagahoster IndonesiaRp. 8.000,00/bulan
Exabytes IndonesiaRp. 10.000,00/bulan
Hostinger IndonesiaRp. 8.000,00/bulan
DomainesiaRp. 8.000,00/bulan

Leave a reply "Cara Instal Wordpres di VPS Openlitespeed"

Author: 
author
Nama saya Harry. Ini merupakan blog pribadi. Isi utamanya tentang belajar wordpress dari nol sampai lupa lagi, karena keseringan lupa, akhirnya yang pernah lupa dituangkan dalam blog sederhana. Terkadang di waktu luang, saya menulis tentang apa yang ingin saya tulis. Jadi jangan heran pada akhirnya blog ini jadi gado-gado.