Cara memperbaiki Error 404

421 views

Cara memperbaiki Error 404 – WordPress merupakan CMS yang sangat tangguh, dalam artian fleksibilitas dan kecepatan akses dibanding beberapa CMS lain. Namun bukan berarti tidak bisa terjadi error. Perubahan sedikit saja pada sebuah koding wordpress, bisa menyebabkan web anda tidak dapat diakses.

Banyak sekali pengembang yang mendukung perkembangan wordpress, karena bersifat open source. Hingga jika kita menemui error pada wordpress, kita bisa bertanya langsung melalui wordpress support atau melalui forum-forum yang ada

Cara memperbaiki Error 404

Niagahoster dan Contabo merupakan salah satu penyedia jasa layanan hosting/VPS terbaik dengan teknologi wordpress accelerator.

Pada tulisan kali ini, kita akan membahas ERROR 404. atau biasanya dokumen tidak ditemukan.

Kenali Penyebabnya?

Biasanya error 404 disebabkan karena hilangnya sebuah link pada halaman tujuan. Dari sisi server kejadian ini disebabkan oleh mod_rewrite yang tidak berjalan baik pada apache server. Mod_rewrite adalah sebuah modul pada server apache yang berfungsi untuk memberikan akses pada sebuah web untuk dapat menuliskan alamat web.

Sementara dari sisi website kita, error 404 biasanya terjadi pada wordpress multisite, atau pada single wordpress yang mengalami perpindahan dari suatu server ke server lain, yang biasanya file .htaccess terhapus.

Cara Memperbaikinya

Pertama, jangan panik dulu, apa yang pernah anda tulis sudah hilang. Belum tentu, bisa jadi karena adanya perubahan slug atau permalink dari halaman anda tersebut. Jadi coba masuk ke Setting >> Permalink >> Ubah opsi nya menjadi post name. Lalu Save. Ini akan mengupdate .htaccess. Jika masih terjadi error 404, maka anda harus mengupdate file .htaccess secara manual.

Kedua, masuk ke kontrol panel anda, dan edit file .htaccess menjadi (berdasarkan codex wordpress)

# BEGIN WordPress
<IfModule mod_rewrite.c>
RewriteEngine On
RewriteBase /
RewriteRule ^index\.php$ - [L]
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
RewriteRule . /index.php [L]
</IfModule>
# END WordPress

Selesai dan biasanya sudah bisa menampilkan halaman yang hilang tadi. Error 404 sudah bisa teratasi.

Saran: Jika error 404 sudah bisa teratasi dengan baik, ada baiknya anda menginstal plugin redirect, untuk mengalihkan error 404 ke halaman home page atau halaman lain, agar pengunjung tidak pergi dari web anda.

#BikinAsikdiRumah - Mar 2020

Silahkan anda membaca error wordpress yang lain di halaman ini.

 

Daftar Layanan Hosting Terbaik
Target Audien Provider Harga Mulai Dari
USA Contabo £ 2.99
Eropa Contabo £ 2.99
Indonesia Niagahoster Indonesia Rp. 8.000,00
Exabytes Indonesia Rp. 10.000,00
Hostinger Indonesia Rp. 8.000,00
Domainesia Rp. 8.000,00
Cloudmild Rp. 8.000,00

Leave a reply "Cara memperbaiki Error 404"

Author: 
Harry
Nama saya Harry. Ini merupakan blog pribadi. Isi utamanya tentang belajar wordpress dari nol sampai lupa lagi, karena keseringan lupa, akhirnya yang pernah lupa dituangkan dalam blog sederhana. Terkadang di waktu luang, saya menulis tentang apa yang ingin saya tulis. Jadi jangan heran pada akhirnya blog ini jadi gado-gado.