Cara Website Cepat di Index Google

44 views

Cara Website Cepat di Index Google adalah mengisi website dengan konten yang berkaitan dengan website kita sendiri. Namun tidak hanya itu, konten yang bagaimana agar google mau mengindex website kita?

Cara Website Cepat di Index Google

Saat Google Panda mengupdate algoritmanya, banyak website yang semula bertengger di halaman 1 google mulai bertumbangan. Sebagian marah, sebagian hanya tersenyum saja. Google Panda menggunakan algoritma yang berbeda untuk melakukan crawling dan indexing pada setiap website yang sudah didaftarkan di google.

Studi kasus untuk salah satu website affiliate saya. Coba anda perhatikan gambar di bawah ini.

Cara Website Cepat di Index Google

Gambar di atas adalah salah satu kinerja dari salah satu website saya. Dimana kinerjanya Alhamdulillah mulai menanjak. Bagaimana bisa terjadi? Tidak lain adalah karena konten.


Lowongan Kerja

Konten dalam website tersebut memang cukup banyak. Karena website itu adalah konten toko online, maka isi dari website tersebut adalah produk dan artikel pendukung produk. Jadi cuma 2 jenis konten yang ada di dalam website tersebut. Lengkapnya seperti gambar di bawah ini:

Cara Website Cepat di Index Google

Isi Konten Website

Dalam website tersebut ada 2 tipe kontent, yaitu: produk dan artikel. Jadi kita harus bisa membedakan tipe konten yang kita miliki. Kenapa? Karena karakteristik tipe konten tersebut sangat berbeda. Kita ulas satu per satu.

1. Produk

Saya menggunakan woocommerce sebagai plugin untuk membuat toko online tersebut. Dan sebagai informasi, website tersebut berbahasa Inggris. Jadi semua kontennya berbahasa Inggris semua, jangan dicampuraduk dengan bahasa lain.

Pada woocommerce, komponen produk yang sebaiknya anda isi dengan baik adalah:

  • Product Name: Nama Produk Anda
  • Description: Deskripsi Produk
  • Images: Gambar Produk
  • Brand: Merk Produk
  • Currency: Mata Uang
  • Price: Harga Produk
  • Regular Price: Harga Regular
  • Sale Price: Harga Diskon
  • Availability: Ketersediaan Barang

Parameter tersebut bisa dilakukan secara otomatis dengan menggunakan plugin schema. Jadi anda tidak perlu repot-repot mengubah kode dalam meta data wordpress.

Yang terpenting adalah deskripsi produk tersebut. Deskripsi produk utamanya berisi tentang spesifikasi produk, baik itu dimensi, keunggulan utama dan lainnya yang terkait tentang produk.

2. Artikel

Artikel adalah penunjang dari halaman produk pada website anda. Contoh: Produk A, maka dibuatkan artikel tentang plus dan minus produk tersebut, istilahnya review. Artikel tersebut dibuat link untuk “Produk A” tersebut, istilahnya internal linking. Seperti terlihat dalam gambar di atas.

Seolah-olah kita mendorong Produk A untuk menonjol di website kita tersebut. Semakin banyak artikel yang dibuat untuk “Produk A”, akan sangat memungkinkan google menganggap bahwa Produk A sangat layak diindex dengan cepat.

Jadi antara Produk dan Artikel, kita buat internal linking sebanyak mungkin. Syukur-syukur kita mendapatkan backlink dari website lain. Backlink biasanya didapat dari share social media.

Sementara kita tidak bisa mengontrol orang lain untuk menshare produk kita di sosmed, dan mendapatkan backlink. Kita hanya bisa mengontrol internal link dan outbound link di dalam website kita sendiri, maka kita optimalkan saja yang bisa dilakukan.

Karena bisa jadi yang muncul pada halaman pencarian google adalah artikel yang dibuat bukan produk yang kita inginkan. Tapi dengan adanya link produk dalam artikel itu, bisa jadi pengunjung mengklik link tersebut.

Apakah boleh copy paste?

Untuk mendapatkan konten yang unik, tentunya kita harus membuat konten original sendiri. Sepert tulisan ini, artikel yang anda baca ini akan dinilai oleh google sebagai konten original, karena keluar dari pemikiran sendiri. Lantas bagaimana jika website kita dalam bahasa Inggris? Coba kita lihat gambar di bawah sebagai contoh kasus salah satu website saya.

Cara Website Cepat di Index Google

Terlihat dalam gambar terdapat 4.912 valid pages dan 19 pages mengalami kesalahan saat crawling. Dari 4.912 postingan tersebut, produk dagangan yang ada tidak lebih dari 100 produk. Selebihnya adalah artikel pendukung.

Lalu apakah boleh copy paste? Jika anda bisa menulis dalam bahasa Inggris akan sangat mudah membuat konten yang unik. Tapi bagi orang seperti saya … hehehe … ampuuuuunnn! Solusinya bagaimana? Ya, copy paste tapi dengan teknik tertentu.

Kesimpulan

Untuk dapat diindex oleh google, kita harus membuat konten yang unik dan semakin banyak konten yang ada dalam website kita, kemungkinan muncul di halaman google semakin besar. Karena tidak semua konten dalam website kita bisa diindex oleh google. Google akan membuat pengecualiaan pada beberapa atau banyak artikel yang ada di website kita.

Kelas7.com memberikan pengetahuan kepada anda yang ingin menjadi afiliate marketing dan memberikan pengetahuan tentang cara mengambil produk dari website luar, membuat artikel tentang produk tersebut.

Rekomendasi Daftar Layanan Hosting
Target Audien Provider Harga Mulai Dari
USA Contabo £ 2.99
Eropa Contabo £ 2.99
Indonesia Niagahoster Indonesia Rp. 8.000,00
Exabytes Indonesia Rp. 10.000,00
Hostinger Indonesia Rp. 8.000,00
Domainesia Rp. 8.000,00
Cloudmild Rp. 8.000,00

Leave a reply "Cara Website Cepat di Index Google"

Author: 
Harry
Nama saya Harry. Ini merupakan blog pribadi. Isi utamanya tentang belajar wordpress dari nol sampai lupa lagi, karena keseringan lupa, akhirnya yang pernah lupa dituangkan dalam blog sederhana. Terkadang di waktu luang, saya menulis tentang apa yang ingin saya tulis. Jadi jangan heran pada akhirnya blog ini jadi gado-gado.