Instal WordPress di VPS Server

101 views

Intro

Contents

Instal WordPress di VPS Server Ubuntu merupakan pertanyaan yang banyak masuk di inbox saya beberapa bulan belakangan ini. Dan ternyata memang belum saya posting di blog sederhana ini. Oke kita mulai saja untuk instalasi wordpress pada server VPS.

Instal WordPress di VPS

1. Persiapan Awal

A. Pemilihan VPS

Tentunya untuk persiapan awal dibutuhkan VPS server sebagai tempat instalasi wordpress. Di artikel terdahulu pernah diceritakan perbedaan antara VPS dan Shared Hosting, jadi silahkan dibaca artikelnya agar lebih paham.

Pada tahap ini saya menggunakan VPS contabo dengan anggaran ± $ 5 per bulan, dan saya mendapatkan RAM 8 Gb 4 Cores, SSD 200 GB dan itu sangat cukup untuk puluhan website saya. Dibandingkan dengan VULTR dan Digital Ocean, dengan harga yang sama, hanya mendapatkan RAM 1 GB 2 cores, SSD maks 50 GB.

Niagahoster dan Contabo merupakan salah satu penyedia jasa layanan hosting/VPS terbaik dengan teknologi wordpress accelerator.

Setelah VPS dibeli, anda tinggal menentukan penggunaan sistem operasi, bisa Ubuntu, Centos, Debian atau FreeBSD. Semuanya masih dalam keluarga Linux. Karena saya sudah terbiasa dengan Ubuntu, saya menggunakan ubuntu versi 18.04.

B. Alat Bantu SSH

Alat bantu SSH sangat banyak di internet, anda tinggal memilih mana yang lebih nyaman digunakan. Saya menggunakan WinSCP karena support file manager dan integrasi dengan putty.

Alat bantu ini sangat penting dalam pengelolaan wordpress di server VPS nantinya. Jadi saya sarankan anda menggunakan alat bantu ini.

2. Instal WordPress di Ubuntu

WordPress bisa diunduh di alamat www.wordpress.org dan usahakan anda menggunakan versi terbaru dari worpdress yang ada. Pada saat artikel ini dibuat, versi terbarunya adalah veri 5.4.1.

A. Instal Webserver dan Database

Pada saat anda membeli VPS server di atas, anda akan mendapatkan alamat IP address untuk mengelola website tersebut. IP address itu akan menjadi alamat website kita nantinya.

Silahkan anda login ke VPS anda lalu mulai menginstal webserver. Webserver bisa menggunakan openlitespeed, apache atau nginx. Disini saya menggunakan openlitespeed yang “menurut saya” paling ringan dan cepat untuk saat ini.

Setelah itu anda harus menginstal server database untuk wordpress anda. Pilihan pun sangat banyak, MariaDB, PostgreSQL dan lainnya. Selanjutnya adalah pemilihan alat bantu pengolahan data yaitu PhpMyAdmin, php, dan mysql.

Kita rekap dulu sampai tahap ini, instalasi yang dibutuhkan adalah:

  1. Server: Ubuntu
  2. Webserver: Openlitespeed
  3. Database: MariaDB
  4. Alat bantu: PhpMyAdmin
  5. Scripting: Php dan MySql

Anda jangan pusing dulu untuk menginstal semuanya, karena beberapa diantaranya sudah visa terinstal dalam satu paket.

Instalasi Openlitespeed bisa anda baca di sini, instalasi php, mysql dan mariaDB bisa dibaca di sini. Instlasi PhpMyAdmin yang belum ada, tapi sangat mudah karena prinsipnya hanya copypaste saja. PhpMyAdmin diinstal setelah semua hal-hal yang dibutuhkan di atas sudah terinstal dengan baik semuanya.

B. Instal PhpMyadmin

Setelah semua terinstal dengan baik, openlitespeed, php, mariadb, dan mysql, sekarang kita akan menginstal PhpMyAdmin. Karena bersifat opsional, hal ini bisa lakukan, bisa juga tidak dilakukan jika anda sudah familiar dengan perintah query di SQL untuk membuat database.

 

Daftar Layanan Hosting Terbaik
Target Audien Provider Harga Mulai Dari
USA Contabo £ 2.99
Eropa Contabo £ 2.99
Indonesia Niagahoster Indonesia Rp. 8.000,00
Exabytes Indonesia Rp. 10.000,00
Hostinger Indonesia Rp. 8.000,00
Domainesia Rp. 8.000,00
Cloudmild Rp. 8.000,00

Leave a reply "Instal WordPress di VPS Server"

Author: 
Harry
Nama saya Harry. Ini merupakan blog pribadi. Isi utamanya tentang belajar wordpress dari nol sampai lupa lagi, karena keseringan lupa, akhirnya yang pernah lupa dituangkan dalam blog sederhana. Terkadang di waktu luang, saya menulis tentang apa yang ingin saya tulis. Jadi jangan heran pada akhirnya blog ini jadi gado-gado.