Membuat Anchor Text Pada WordPress

134 views

Membuat Anchor Text Pada WordPress ternyata sangat mudah, hanya dengan menambahkan atribut id pada halaman yang ingin dituju.

Membuat Anchor Text Pada WordPress

Sebelum membuat anchor text, sebaiknya perlu diketahui dulu apa itu anchor text. Anchor text, juga disebut sebagai jump menu link atau daftar isi, adalah link yang langsung membawa anda ke bagian tertentu dari halaman (atau halaman eksternal). Anchor text biasanya ditentukan dengan menggunakan elemen A (menamakannya dengan atribut nama), atau oleh elemen lain (penamaan dengan atribut ID). Kedua metode sepenuhnya sesuai dengan standar W3C.

Contoh nyata dari anchor text adalah seperti yang anda lihat pada daftar isi atau table of content dari sebuah halaman sebuah website.

Niagahoster dan Contabo merupakan salah satu penyedia jasa layanan hosting/VPS terbaik dengan teknologi wordpress accelerator.

Membuat Anchor Text Pada WordPress

Jadi pembuatan anchor text adalah untuk memudahkan pembaca dalam melakukan navigasi dalam sebuah halaman. Jadi, sebelum membuat anchor text, pastikan terlebih postif dan negatifnya tentang anchor text, seperti di bawah ini.

Positif +

  1. Salah satu keuntungan terbesar dari anchor text adalah menciptakan pengalaman pengguna yang lebih baik saat menjelajahi situs anda, jika memiliki artikel yang panjang  (4.000+ kata). Menggunakan anchor text memungkinkan pengguna untuk langsung melompat ke bagian yang mereka minati. Biarkan pengguna menemukan apa yang mereka butuhkan dengan lebih cepat.
  2. Menggunakan anchor text pada tajuk halaman memungkinkan berbagi tautan langsung ke berbagai bagian dalam sebuah artikel.
  3. Jika berbicara tentang hasil mesin pencari (SERP), hasilnya selalu dapat bervariasi berdasarkan apa yang muncul. Namun, kami telah berkali-kali melihat anchor text (jump menu) muncul di daftar SERP. Anchor text juga dapat membantu meningkatkan CTR karena pengguna mungkin melihat sesuatu yang terkait dengan permintaan mereka yang tidak disampaikan dalam deskripsi atau judul artikel. Seperti terlihat pada gambar.

Membuat Anchor Text Pada WordPressNegatif –

  1. Anchor text dapat mengurangi waktu rata-rata di situs per pengunjung. Mengapa? Karena mereka melewatkan langsung ke konten yang mereka inginkan daripada membaca seluruh artikel. Namun, jika anda membuat pengunjung anda langsung senang, ini bisa memebuat mereka mendaftar untuk subcribe anda atau meneliti lebih dalam apa yang anda jual. Jadi ini bisa dilihat sebagai pro atau kontra.
  2. Terkait langsung dengan masalah di atas, anchor text mungkin dapat memengaruhi pendapatan iklan anda. Pengunjung yang melompat langsung ke bagian tertentu dapat mengurangi tayangan dan klik. Situs yang sangat bergantung pada iklan mungkin ingin uji split test A / B menggunakan anchor text dan daftar isi.

Cara membuat Anchor Text

1. Menggunakan Plugin

Salah satu cara termudah untuk menambahkan anchor text adalah dengan plugin TinyMCE Advanced gratis. Plugin ini pada dasarnya menambahkan fungsionalitas tambahan untuk editor dengan tombol pintas cepat. Pada saat penulisan ini, plugin ini memiliki lebih dari 2 juta pemasangan aktif dengan nilai 4,5 dari 5 bintang.

Membuat Anchor Text Pada WordPress

Langkah 1

 

Langkah 2

 

Langkah 3

Silahkan anda jelajahi fungsi plugin ini dengan baik.

2. Cara Manual

Cara membuat anchor text secara manual lebih disarankan, karena menambahkan plugin-plugin yang bersifat sementara dapat memperlambat kinerja wordpress anda. Caranya pun sangat mudah dengan menambahkan atribut id pada halaman/bagian yang dituju.

Contoh kasus:

Text “Daftar Makanan” pada halaman A akan diarahkan pada halaman B pada kata “Ketoprak”. Caranya adalah:

#BikinAsikdiRumah - Mar 2020

Pada halaman A: https://domainanda.com/halaman-B/#makanan-tradisional kode HTML nya bisa di edit menggunakan HTML editor pada Gutenberg atau menu Text pada classic Editor.

<a href="https://domainanda.com/halaman-B/#makanan-tradisional">Daftar Makanan</a>

Pada halaman B: Pada kata “Ketoprak” disisipkan atribut id = makanan-tradisional, dengan kode HTML sebagai berikut:

<h3 id="makanan-tradisional">Ketoprak</h3>

Jadi jika pengunjung anda mengklik link “Daftar Makanan” pada halaman A, maka akan di arahkan langsung ke halaman B di bagian “Ketoprak”

Kesimpulan

Pertimbangkan terlebih dahulu jika anda ingin menggunakan anchor text pada website anda. Positif dan negatifnya sudah dijabarkan pada artikel ini, dan caranya sudah disampaikan juga. Silahkan anda mencobanya.

Daftar Layanan Hosting Terbaik
Target Audien Provider Harga Mulai Dari
USA Contabo £ 2.99
Eropa Contabo £ 2.99
Indonesia Niagahoster Indonesia Rp. 8.000,00
Exabytes Indonesia Rp. 10.000,00
Hostinger Indonesia Rp. 8.000,00
Domainesia Rp. 8.000,00
Cloudmild Rp. 8.000,00

Leave a reply "Membuat Anchor Text Pada WordPress"

Author: 
Harry
Nama saya Harry. Ini merupakan blog pribadi. Isi utamanya tentang belajar wordpress dari nol sampai lupa lagi, karena keseringan lupa, akhirnya yang pernah lupa dituangkan dalam blog sederhana. Terkadang di waktu luang, saya menulis tentang apa yang ingin saya tulis. Jadi jangan heran pada akhirnya blog ini jadi gado-gado.