Penipuan Telpon Dari GoJek Palsu

273 views

Penipuan Telpon Dari GoJek Palsu baru saja dialami. Sekitar jam 14.00 WIB, hari Jum’at kemaren, tanggal 18 oktober 2019.

Jadi ceritanya berawal saat saya lagi mengedit dan mengoptimasi SEO salah satu website. Tiba-tiba ada telpon dari nomer yang tidak dikenal ke nomer saya. Biasanya sih kalau nomer tidak dikenal, tidak akan diangkat, entah kenapa tetiba ingin mengangkat telpon.

Telpon pun diangkat, dengan sopan si penelpon menyapa dan dan say hello pada saya. Saya pun santai saja menanggapinya. Akhirnya si penelpon mengabari kalau saya mendapatkan bonus sebesar 1 juta rupiah. Wow !! siapa yang tidak senang dengan mendapatkan bonus sebesar itu.

Lalu si penelpon mengatakan cara pencairan dengan 2 cara, yaitu dengan penambahan saldo Go-Pay atau dengan transfer rekening. Dengan santai saja saya menjawab lewat Go-Pay aja deh. Si penelpon kemudian mengatakan sebentar lagi akan ada SMS masuk dari Go-Jek.

Penipuan Telpon Dari GoJek

Bikin Backlink
Lowongan Kerja

Dan benar saja, ada SMS masuk dari Go-Jek berisi kode OTP 4 digit. Si Penelpon meminta kode tersebut untuk aktivasi pengiriman saldo Go-Jek. Santai saja saya berikan kode tersebut. Dan jreng-jreng … tetiba si penelpon tau nama saya dan isi saldo Go-Pay di akun Gojek saya.

Karena saldo Go-Pay nya kosong, hehehe si penelpon mulai memain jurus sok pinter, mengatakan bahwa untuk bisa mentransfer bonus 1 juta tersebut harus ada saldo 200 ribu, hehehe. Pura-pura bodoh saya meminta dialihkan melalui rekening saja.

Si Go-Jek Palsu seolah-olah jujur dengan mengatakan bahwa dia tidak akan meminta nomer rekening, wakwaw, masih pura-pura bego, saya tayakan bagaimana caranya. Lalu si penelpon dari Go-Jek palsu tersebut menanyakan via internet atau mobile banking. Saya katakan via mobile banking, dia pun menjelaskan step by step nya, yang sebenarnya itu merupakan runutan untuk top-up saldo Go-Pay, Bayar -> Multipayment -> Pilih merchant -> masukkan nomer HP -> Masukkan kode OTP ditambah angka 12 hehehe kode OTP saya 7256, jadi saya topup 725612 hehehe 700 ribuan.

Si penelpon mendesak agar saya cepat melakukan top-up saldo Go-Pay. Sekali lagi pura-pura bodoh, bahwa tidak bisa akses internet jika sedang telpon. Masih belum patah semangat, si penelpon minta skrinsut mobile banking dikirim via WA, lah malah minta WA, untungnya nomer WA saya berbeda dengan nomer pendaftaran Go-Jek.

Ok, sekarang saya akan jelaskan bagaimana si penelpon bisa masuk ke akun Gojek. Karena si penipu tidak tau, kalau semua percakapannya sudah saya rekam hehehe.

#BikinAsikdiRumah - Mar 2020

 

Cara Penipuan Telpon Dari GoJek

Jadi saya coba analisa kenapa dia bisa masuk ke akun Go-Jek.

  1. Nomer yang didapat bisa Internet atau Random.
  2. Lalu Penipu login ke aplikasi Go-Jek.
  3. Aplikasi GoJek mengharuskan memasukkan kode OTP bukan password.
  4. Ketika kita memberikan kode OTP tersebut, dia bisa masuk, dan bisa melihat data kita, sekaligus bisa transfer saldo GoPay ke nomer lain. Jadi kalau ada saldo Go-Pay nya, dia akan mengambil/mencuri saldo tersebut dengan mudah.

Antisipasi Penipuan

  1. Jangan memberikan kode OTP pada siapapun.
  2. Segera buka aplikasi Go-Jek dan login karena akan meminta kode OTP baru dan biasanya aplikasi memberikan peringatan bahwa ada login yang mencurigakan.
  3. Login dengan kode OTP baru.
  4. Lapor ke BRTI di link pengaduan. File rekaman percakapan dikirim ke BRTI.

Kesimpulan

JANGAN MEMBERIKAN KODE OTP PADA SIAPAPUN. Saya membiarkan kode OTP diberikan karena saldo gopaynya nol dan iseng aja pengen tau kelajutan ceritanya.

Rekomendasi Daftar Layanan Hosting
Target Audien Provider Harga Mulai Dari
USA Contabo £ 2.99
Eropa Contabo £ 2.99
Indonesia Niagahoster Indonesia Rp. 8.000,00
Exabytes Indonesia Rp. 10.000,00
Hostinger Indonesia Rp. 8.000,00
Domainesia Rp. 8.000,00
Cloudmild Rp. 8.000,00

Leave a reply "Penipuan Telpon Dari GoJek Palsu"

Author: 
Harry
Nama saya Harry. Ini merupakan blog pribadi. Isi utamanya tentang belajar wordpress dari nol sampai lupa lagi, karena keseringan lupa, akhirnya yang pernah lupa dituangkan dalam blog sederhana. Terkadang di waktu luang, saya menulis tentang apa yang ingin saya tulis. Jadi jangan heran pada akhirnya blog ini jadi gado-gado.